KONTRIBUTOR MASALAH DAN SOLUSI AWAL

Bagikan kepada teman-teman anda ....

Ada kaitan erat antara masalah kesehatan mental kita dengan sejumlah faktor berikut ini: trauma masa kecil, kehilangan orang yang sangat kita cintai, pengangguran atau kehilangan pekerjaan, keuangan yang tidak stabil, kesepian atau perasaan terisolir, penyakit fisik yang tak kunjung sembuh, menjadi perawat dari anggota keluarga yang sudah lama sakit atau tak berdaya.

Apa pun salah satu dari fakto-faktor tersebut di atas yang ikut berkontribusi pada masalah kesehatan mental kita saat ini, janganlah kita menjadi malu karenanya, apalagi mempersalahkan diri sendiri. Ada banyak jalan atau cara yang tersedia untuk membantu kita meningkatkan dan merawat kesehatan mental kita.

Yang paling utama dari semua cara adalah temuilah orang yang kita percayai bisa mendengarkan kita. Misalnya pasangan hidup, rekan kerja, sahabat, anak atau orang tua kita. Orang-orang terdekat dalam hidup kita ini senantiasa berada “di sana” untuk mendengarkan, asalkan kita berani dan mau jujur bercerita dengan mereka. Setidaknya di level paling awal, cara ini terbukit menolong merawat kesehatan mental banyak orang. Jika orang-orang terdekat tadi tidak bisa dipercaya atau tidak bisa mendengarkan kita, adalah baik jika kita menjumpai orang-orang yang sudah terlatih secara profesional untuk membantu kita menjaga stabilitas kesehatan mental kita.

Ketika mental kita sehat, kita mampu beradaptasi dengan setiap perubahan dan mampu mengatasi tantangan yang terjadi, bisa fokus menjalani pekerjaan atau tugas, tetap produktif, pikiran jernih dalam mengambil keputusan, dan sejumlah manfaat positif lainnya.

Salam,
Theo Amelwatin