NATAL INDAH DI DUSUN TENPENCIL DI PULAU BURU

( Laporan dari Pastor Andre Buarlele, MSC )

Hari ini ( 27 Des 2022 ), para katekis STPAK Ambon (Utusan Bapa Uskup Dioses Amboina) bersama para pastor dan frater serta teman-teman OMK Paroki Waeapo mengunjungi anak-anak Sekami yg berada di stasi Widit dan dusun Kakukolon. Ada sukacita dan kegembiraan meliputi hati anak-anak.

Pesan Natal itu disampaikan tidak hanya anak-anak katolik tetapi anak-anak yang berasal dari kepercayaan adat ikut bergabung. Anak-anak bermain, menyanyi, menari dan bersukacita bersama kaka-kaka katekis. Tidak ada rasa curiga dan takut. Mereka sangat asyik dan menikmati indahnya perjumpaan itu. Di dalam kesederhanaan itu ada kedamaian.

Para katekis mengajarkan kebaikan dan persaudaraan. Mereka jg menaburkan satu cinta seribu senyum (misi duc in altum ) di dusun terpencil yang jauh dari keramaian dan hiruk pikuk dunia ini. Lihat saja senyum dan tawa anak-anak ini. Adem dan sejuk hati ini melihatnya.

Saya menangkap bahwa makna sesungguhnya dari Natal saat di dusun terpencil ini, yaitu kesederhanaan. Yesus tidak lahir lagi di kandang, Yesus kini lahir dalam hati anak-anak yang polos yang tinggal di dusun terpencil ini.

P. Andreas Buarlele MSC