KELUARGA ADALAH HARTA YANG PALING BERHARGA DALAM HIDUP

EMBUN ROHANI PAGI DARI KOTA AMBON MANISE
Sabtu, 17 Desember 2022
Minggu Advent III
Injil : Mat. 1 : 1 – 17

Tentunya setiap dari kita tidak bisa memilih dari keluarga mana kita dilahirkan. Hubungan darah seseorang dari orang tua dan nenek moyangnya tak dapat disangkal. Akibatnya kita harus menerima kenyataan bahwa tidak semua anggota keluarga sebelumnya selamanya baik bahkan sempurna; Ada saja kisah-kisah tidak elok dari generasi-generasi sebelumnya bahkan kita pun sendiri sebagai pelakunya.

Itu pun yang dialami oleh Yesus Kristus ketika diperhadapkan dengan silsilah atau pohon keluarga-Nya; Ada Daud yang membunuh, Salomo yang menyembah berhala dan beragam kisah sedih yang diukir oleh nenek moyang-Nya. Meskipun demikian Yesus menerimanya sebagai anugrah dan fakta. Tertulis indah dalam Kitab Suci,” Dan dari Maria itulah lahir Yesus yang disebut Kristus. Jadi dari Abraham sampai Daud, semuanya ada empat belas generasi. Dari Daud sampai masa bangsa Israel dibuang ke Babel ada empat belas generasi juga. Dari masa bangsa Israel dibuang ke Babel sampai kelahiran Kristus ada pula empat belas generasi .” ( Mat. 1 : 17 )

Karena itu benarlah apa yang dikatakan oleh Paus Fransiskus, ” Tidak ada keluarga yang sempurna; Pun tidak ada orang tua yang sempurna. Maka cinta setiap oranglah yang harus menyempurnakan keluarga masing-masing.”

Selamat berakhir pekan untuk para sahabat

Salam, doa dan berkatku ( + ) untuk semua ( Mgr. Inno Ngutra : Minnong – Duc in Altum )