BERLAGAK BERSIH DI KUBANGAN LUMPUR YANG SAMA

EMBUN ROHANI PAGI DARI KOTA AMBON MANISE
Jumat, 05 Juli 2024
Injil : Mat. 9 : 9 – 13

“Entahkah sadar dan sengaja atau tidak tapi kadang kita merasa lebih suci dari orang lain hanya karena dosa kita tersembunyi sementara dosa sesama diketahui umum. Tapi ingatlah bahwa setitik atau segunung dosa tetaplah dosa dan kita semua sedang berada di dalam kubangan lumpur yang sama. Maka jangan berlagak bersih karena kita semua telah dan sedang ternoda.”

Tipe orang yang berlagak suci itu pun tercatat dalam kisah Injil hari ini:“Ketika orang-orang Farisi melihat hal itu, mereka berkata kepada murid-murid Yesus: “Mengapa gurumu makan bersama pemungut cukai dan orang berdosa?” ( ayat 11 ) Maka Yesus menegur mereka: “Bukan orang sehat yang memerlukan dokter, melainkan orang sakit.” ( ayat 12 )

Pelajaran penting bagi kita di pagi ini yakni:

1) Jangan berlagak suci di hadapan sesama karena kita semua pernah, sedang dan pasti akan melakukan dosa sekecil apa pun itu;

2) Yesus senang melihat dan menghargai niat setiap orang yang membangun pertobatan;

3) Jangan pernah takut mendatangi Tuhan di kamar pengakuan karena Ia sedang menanti untuk melepaskanmu dari belenggu dosa.

Akhirnya ingatlah bahwa Tuhan membenci dosa-dosamu, tetapi Ia sungguh mencintaimu, yang berjuang untuk terlepas dari ikatan dosa-dosamu.

Selamat beraktivitas untuk para sahabat

Salam, doa dan berkatku ( + ) untuk semua. ( Dari: Mgr. Inno Ngutra : Minnong – Duc in Altum )