Bunda Maria, Model Pelayan Dengan Hati Hamba Tuhan

Jumat, 4 Agustus 2023, bertepatan dengan pesta St. Yohanes Maria Vianney, pelindung para pastor paroki dan imam diosesan, para imam, diakon, dan frater diosesan Amboina yang berkarya di Wilayah Ambon-Seram-Buru memgadakan rekoleksi di gereja St. Yosep Paso, yang dipimpin oleh RP. Karol Yamrevav, MSC.

Dalam rekoleksi, RP. Karol mengingatkan para peserta rekoleksi untuk belajar dari semangat hidup St. Yohanes Maria Vianney. Bagi RP. Karol, St. Yohanes Maria Vianney belajar banyak dari St. Maria, bunda Allah, yang rajin berdoa, pasrah pada kehendak Allah, hati hamba yang taat, inkarnatoris, tabernakel hidup, perantara untuk Tuhan.

Baginya, seperti St. Yohanes Maria Vianney yang belajar dari keutamaan hidup St. Maria, maka para imam diosesan juga perlu belajar dari keuatamaan-keutamaan tersebut. Penegasan lain yang RP. Karol sampaikan juga adalah tentang ekaristi. Beliau mengajak para imam untuk harus mengandalkan Ekaristi sebab dalam Ekaristi imam menyatu dengan Tuhan dan menerima rahmat Tuhan. Aspek lain yang beliau sampaikan adalah kolegialitas para imam. Baginya, sesudah menyatu dengan Tuhan, para imam sendiri perlu membangun kolegialitas dengan sesama.

Sesudah rekoleksi, dilanjutkan dengan penerimaan sakramen pengakuan dosa.

Rangkaian kegiatan diakhiri dengan makan siang bersama peserta rekoleksi dengan umat paroki St. Yosep Paso, Ambon.