KEINDAHAN SAKRAMEN TOBAT

EMBUN ROHANI PAGI DARI KOTA AMBON MANISE
Senin, 27 Maret 2023
Minggu Prapaskah V
Injil : Yoh. 8 : 1 – 11

Keindahan sakramen Tobat bukan pertama-tama terletak pada kesadaran seseorang untuk datang ke kamar pengakuan lalu mengakui dosa-dosanya, melainkan pada pengampunan yang Allah berikan kepada si pendosa. Bayangkan saja bahwa kita yang berdosa berkali-kali dan dalam hitungan bulan dan tahun, tapi semuanya bisa diampuni dalam hitungan menit bahkan detik ketika Imam berkata, ” Dengan kuasa Allah melalui Gereja-Nya, aku melepaskan engkau dari semua dosamu!” Wouw…bukankah ini sebuah rahmat terbesar bagimu dari Allah?

Pagi ini iman kita mendengar kata-kata belas kasihan dan bukan penghakiman dari Yesus kepada si perempuan yang kedapatan berbuat zinah. Lalu kata Yesus;  “Akupun tidak menghukum engkau. Pergilah, dan jangan berbuat dosa lagi mulai dari sekarang.” ( ayat 11 ).

Pelajaran penting bagi kita di pagi ini, adalah:

1) Engkau berdosa dan menjauh dari Tuhan, tapi yang dibuat okeh Tuhan adalah Dia tidak memikirkan dosa-dosamu, melainkan kapan engkau bertobat agar menerima pengampunan-Nya;

2) Allah tak pernah menghukum pendosa bila datang kepada-Nya dalam pertobatan yang sungguh;

3) Hanya di kamar pengakuanlah Anda akan mendengarkan kata-kata pengampunan dari Tuhan, ” Anakku, dosamu telah diampuni.”

Karena itu, ingatlah akan pesan Paus Fransiskus, ” Allah tak pernah bosan mengampuni kita. Hanya kitalah yang selalu bosan dan enggan untuk bertobat.”

Selamat beraktivitas untuk para sahabat

Salam, doa dan berkatku ( + ) untuk semua ( Mgr. Inno Ngutra : Minnong – Duc in Altum )