SADARLAH BAHWA KITA HANYALAH PEKERJA DI KEBUN ANGGUR TUHAN

EMBUN ROHANI PAGI DARI KOTA AMBON MANISE
Kamis, 26 Januari 2023
Minggu Biasa
Injil : Luk. 10 : 1 – 9

Sesaat setelah menerima tahbisan Uskup, seorang mantan frater pastoral di Seminari Menengah yang sekarang berkarya sebagai Misionaris mengingatkan saya, ” Bapa Uskup, ingatlah perintah Yesus ini, “Gembalakanlah domba-domba-Ku, bukan domba-dombamu.” ( bukan domba-domba Uskup tapi domba-domba Tuhan )

Nasehat di atas selalu menjadi alarm pengingat bagiku bahwa aku hanyalah seorang gembala yang dipercaya oleh sang tuan. Ya, aku bukan pemilik domba. Aku hanyalah seorang pekerja di kebun anggur Tuhan, tapi bukan pemilik kebun anggur.

Pernyataan di atas menjadi benar dalam perikop Injil hari ini, ” Kata-Nya kepada mereka: “Tuaian memang banyak, tetapi pekerja sedikit. Karena itu mintalah kepada Tuan yang empunya tuaian, supaya Ia mengirimkan pekerja-pekerja untuk tuaian itu. ( Luk. 10 : 2 )

Karena itu, dalam setiap karya perutusan, bekerjalah sebagai seorang gembala kepercayaan sang tuan, seorang pekerja, dan seorang hamba. Lakukanlah yang terbaik dalam tugasmu agar kepercayaan sang tuan takan luntur padamu. Demikian pun berdoalah selalu dan memohon kepada Tuhan agar Ia menambah para pekerja bersemangat hamba bukan tuan.

Selamat beraktivitas para sahabat

Salam, doa dan berkatku ( + ) untuk semua ( Mgr. Inno Ngutra : Minnong – Duc in Altum )