MURNIKANLAH MOTIVASIMU

EMBUN ROHANI PAGI DARI KOTA METROPOLITAN JAKARTA
Rabu, 21 Juni 2023
Hari Minggu XI
Injil : Mat. 6 : 1 – 6. 16 – 18

Tentunya Yesus tidak melarang doa di hadapan umum, bantuan yang diumumkan kepada orang lain atau waktunya berpuasa, karena bila semuanya dibuat agar dicontohi oleh orang lain maka tentunya nilainya sangat luhur. Namun bila itu dilakukan hanya demi kepopuleran semata, kesombongan dan keangkuhan maka sangatlah cacat di mata Tuhan. Maka hal terpenting bagi Yesus dalam hal berdoa, berpuasa dan memberi sedekah adalah murnikanlah motivasimu ketika melakukannya.

Ia bersabda;
Ingatlah, jangan kamu melakukan kewajiban agamamu di hadapan orang supaya dilihat mereka.” ( ayat 1 )

Dan apabila kamu berdoa, janganlah berdoa seperti orang munafik. Mereka suka mengucapkan doanya dengan berdiri dalam rumah-rumah ibadat dan pada tikungan-tikungan jalan raya, supaya mereka dilihat orang.” ( ayat 5 )

Dan apabila kamu berpuasa, janganlah muram mukamu seperti orang munafik. Mereka mengubah air mukanya, supaya orang melihat bahwa mereka sedang berpuasa.” ( ayat 16 )

Karena itu selidikilah dan murnikanlah motivasimu setiap kali engkau berdoa, berpuasa dan memberi sedekah sehingga engkau berarti di mata Tuhan dan menjadi contoh kepada sesamamu.

Selamat beraktivitas untuk para sahabat

Salam, doa dan berkatku ( + ) untuk semua. ( Dari: Mgr. Inno Ngutra : Minnong – Duc in Altum )