BERAWAL DARI RASA BELAS KASIH, BERAKHIR DENGAN TINDAKAN KASIH

EMBUN ROHANI PAGI DARI KOTA KOTA SAUMLAKI, BUMI DUAN LOLAT, TANIMBAR
Senin, 05 Agustus 2024
Injil: Mat. 14 : 13 – 21

“Semua orang bisa memiliki rasa belas kasihan ketika melihat penderitaan atau kemalangan orang lain, namun tidak semua bisa mewujudkannya dalam perbuatan baik. Saya percaya bahwa Anda hari ini dipilih untuk menujukkan keduanya bagi sesamamu yang miskin, lemah dan menderita.”

Rasa belas kasihan tidak dibiarkan berlalu. Yesus yang berbelas kasih mewujudkan rasa itu dalam tindakan memberi makan kepada mereka yang dikasihani-Nya dalam Injil hari ini: “Lalu disuruh-Nya orang banyak itu duduk di rumput. Dan setelah diambil-Nya lima roti dan dua ikan itu, Yesus menengadah ke langit dan mengucap berkat, lalu memecah-mecahkan roti itu dan memberikannya kepada murid-murid-Nya, lalu murid-murid-Nya membagi-bagikannya kepada orang banyak. Dan mereka semuanya makan sampai kenyang. Kemudian orang mengumpulkan potongan-potongan roti yang sisa, dua belas bakul penuh.” ( ayat 19 – 20 )

Karena itu Firman Tuhan hari ini memberikan beberapa inspirasi kepada kita:

1) Ingatlah bahwa adanya orang miskin dan terlantar di sekitarmu adalah undangan Tuhan bagimu untuk berbuat baik;

2) Bila bertemu dengan orang miskin, peminta-minta dan yang menderita, maka jangan biarkan mereka pergi tanpa merasakan kebaikan darimu;

3) Tuhan memilihmu hari ini untuk menjadi perpanjangan tangan dari-Nya untuk berbuat baik.

Sesaat ketika Anda mampu menemukan Yesus pada wajah yang sakit dan menderita maka pasti engkau tidak pernah membiarkan mereka pergi tanpa merasakan kebaikanmu.

Selamat beraktivitas untuk para sahabat.

Salam, doa dan berkatku ( + ) untuk semua. ( Dari: Mgr. Inno Ngutra : Minnong – Duc in Altum )