YESUSKU SUNGGUH ADALAH TUHAN

EMBUN ROHANI PAGI DARI KOTA AMBON MANISE
Sabtu, 30 Maret 2024
Malam VIGILI PASKAH
Injil : Mrk. 16 : 1 – 7

”Apa pun kata dan kritikmu tentang Yesusku, tapi bagiku Dia adalah Tuhan, dan salah satu bukti ketuhanan-Nya adalah kebangkitan-Nya dari kematian.”

Tak sedikit kita mendengar dan menemukan baik di dunia nyata maupun maya pernyataan keraguan, ketidakpercayaan bahkan kritik pedas tentang ke-Tuhan-an Yesus. Apa pun kata orang, tapi baiklah kita kembali kepada bukti asali dari apa yang dikatakan Kitan Suci tentang Yesus: “Jangan takut! Kamu mencari Yesus orang Nazaret, yang disalibkan itu. Ia telah bangkit. Ia tidak ada di sini. Lihat! Inilah tempat mereka membaringkan Dia.” ( Mrk. 16 : 15 )

Maka inti perayaan malam Vigili Paskah ini adalah:

  • Percayalah bahwa Yesus adalah Tuhan yang menjadi penjamin keselamatan bagi semua yang percaya kepada-Nya;
  • ⁠Kebangkitan bukan sekedar menjadi bukti ke-Tuhan-an-Nya, melainkan menjadi inti iman kristiani;
  • ⁠Kebangkitan-Nya membuat iman kristiani memberi harapan pasti bahwa setiap orang yang percaya kepada-Nya di dunia ini kelak akan mengalami pengalaman yang sama seperti Kristus;
  • ⁠Hancurkanlah budaya kematian dengan budaya kehidupan. Ia bangkit dengan kehidupan baru yang hendaknya membuat kita saling mendukung dalam memelihara kehidupan kita pun kehidupan sesama kita.

Akhirnya kita berharap agar kebangkitan-Nya menggairahkan semangat hidup kita yang pesimis menjadi optimis, yang lalu menjadi bersemangat, dan yang berputus ada menjadi berpengharapan.

Selamat Menyongsong dan Merayakan Vigili Paskah untuk para sahabat

Salam, doa dan berkatku ( + ) untuk semua. ( Dari: Mgr. Inno Ngutra : Minnong – Duc in Altum )