STRES

Bagikan kepada teman-teman anda ....

Manusia tak pernah luput dari perasaan stres. Meskipun pada dirinya stres bukanlah penyakit, ia bisa menjadi cikal bakal lahirnya masalah-masalah kesehatan mental yang kompleks.

Stres adalah perasaan bahwa kita tidak mampu untuk menghadapi dan mengatasi tekanan mental dan emosional. Sumber tekanan bisa berasal dari lingkungan kerja (kantor, sekolah, tempat usaha, dll), relasi antarpribadi, keuangan, dan tuntutan hidup lainnya. Apapun sumber tekanan yang berkaitan dengan perasaan stres kita, ketidakmampuan dalam menghadapinya membuat kita pupus harapan. Stres bisa menyebabkan penyakit mental seperti kecemasan dan depresi.

Tubuh kita akan mengirim signal bahwa kita sedang stres berhadapan dengan aneka tekanan tersebut di atas. Misalnya tekanan darah kita naik, kepala terasa nyut-nyut atau sakit, dan sesak di dada karena pernapasan yang tak teratur. Bukan hanya itu. Kita pun akan menampilkan perilaku yang aneh di mata sesama.

Mengidentifikasi sumber tekanan yang berkaitan dengan perasaan stres, lalu mendiskusikannya dengan orang yang kita percaya mampu menolong, merupakan langkah penting untuk merawat kesehatan badan dan mental kita.

Salam,
Theo Amelwatin