MEMILIKI HATI YANG TULUS

EMBUN ROHANI PAGI DARI PENANG, MALAYSIA
Sabtu, 08 Juni 2024
Injil : Luk. 2 : 41 – 51
PW Hati Tak Bernoda Santa Perawan Maria

Tidak pernah ditemui hati seorang manusia yang lebih tulus dan murni di antara semua manusia ciptaan Tuhan selain hati Bunda Maria, karena hanya hatinyalah yang mampu menampung segala hujatan, derita, sakit dan masalah hidup, dan mengubahnya menjadi berkat untuk semua orang, termasuk dirimu.”

Terhadap kata-kata yang keras bahkan kasar dari Sang Putra kepadanya: “Mengapa kamu mencari Aku? Tidakkah kamu tahu, bahwa Aku harus berada di dalam rumah Bapa-Ku?” ( ayat 49 ), Maria tidak marah, tetapi hati tulusnya menerimanya seperti yang tertulis dalam Firman Tuhan hari ini: “Dan ibu-Nya menyimpan semua perkara itu di dalam hatinya.” ( ayat 51b )

Karena itu, ada beberapa hal yang perlu dipikirkan dan direnungkan yakni:

1) Mereka yang memiliki hati yang tulus dibentuk oleh iman yang kokoh dan teguh akan Tuhan;

2) Hati yang tulus tidak reaktif terhadap hujatan dan kekasaran, namun sangat proaktif terhadap kesulitan dan penderitaan orang lain;

3) Hati yang tulus mampu mengubah sakit, luka dan masalah menjadi berkat. Sebaliknya hati yang culas akan mengubah berkat menjadi kutuk.

Akhirnya bila ingin menjadi seorang murid Yesus yang sejati maka belajarlah atau jadilah seperti Bunda Maria dalam seluruh aspek kehidupannya.

Selamat berakhir pekan untuk para sahabat

Salam, doa dan berkatku ( + ) untuk semua. ( Dari: Mgr. Inno Ngutra : Minnong – Duc in Altum )