HATI DAN PIKIRAN YANG JAHAT ADALAH RUMAH TERBAIK BAGI IBLIS

EMBUN ROHANI PAGI DARI KOTA AMBON MANISE
Jumat, 13 Oktober 2023
Minggu Biasa XXVII
Injil : Luk. 11 : 25 – 26

Pekerjaan iblis selalu menyenangkan di awal, tapi akan menghancurkan jiwa di akhirnya. Ini pun yang terjadi pada tindakan mencari pertolongan dan kesembuhan dari mereka yang menggunakan ilmu hitam atau dikuasai oleh iblis. Iblis sangat tahu kecenderungan manusia yang selalu suka segala sesuatu yang instan, misalnya; Mau cepat kaya atau sukses lewat jalan pintas atau tidak jujur dan adil.

Injil pagi ini mengisahkan tentang kondisi mereka yang hanya fokus pada yang instan tapi lupa membetengi diri dengan iman yang kuat: ”Apabila roh jahat keluar dari manusia, iapun mengembara ke tempat-tempat yang tandus mencari perhentian, dan karena ia tidak mendapatnya, ia berkata: Aku akan kembali ke rumah yang telah kutinggalkan itu.” ( ayat 24 )

Pelajaran penting bagi kita di pagi ini adalah:

1) Bertobat, berubah dan hidup suci adalah cara terbaik untuk menghindari diri dari kuasa iblis;

2) Kesembuhan atau Mujizat seharusnya dimaknai sebagai bonus dari sebuah sikap sesal dan tobat yang sungguh.

Akhirnya ingatlah bahwa semakin suci hati dan pikiranmu maka semakin menjadi tempat kotor bagi si iblis, namun semakin jahat hati dan pikiranmu maka semakin bersih tempatnya bagi si iblis sehingga ia datang dan meraja. Intinya jangan menyiapkan sedikit pun celah di hati dan pikiranmu untuk iblis.

Selamat beraktivitas untuk para sahabat

Salam, doa dan berkatku ( + ) untuk semua. ( Dari: Mgr. Inno Ngutra : Minnong – Duc in Altum )