CINTAMULAH YANG MENYEMPURNAKAN KELUARGAMU

EMBUN ROHANI PAGI DARI KOTA AMBON MANISE
Jumat, 30 Desember 2022
Masa NATAL; Pesta Keluarga Kudus: Yesus, Maria dan Yusuf
Injil : Mat. 2 : 13 – 15, 19 – 23

Tentunya harapan setiap orang adalah tinggal dan hidup dalam sebuah keluarga yang aman, nyaman dan penuh cinta. Namun, selain ada anak yang tidak pernah merasakan kasih sayang orang tua dan saudara-saudarinya, tapi ada juga hidup dalam suasana keluarga yang penuh konflik dan tidak nyaman akibat ulah dan ego setiap orang dalam keluarga itu.

Pagi ini pada pesta keluarga kudus Nazaret; Yesus, Maria dan Yusuf, kita disadarkan bahwa kekuatan mereka untuk tetap bertahan dalam cobaan dan bahkan ancaman adalah cinta di antara mereka, yang nampak dalam suka maupun duka. Tertulis dalam Injil hari ini, ” Maka Yusufpun bangunlah, diambilnya Anak itu serta ibu-Nya malam itu juga, lalu menyingkir ke Mesir,  dan tinggal di sana hingga Herodes mati.” ( Mat. 2 : 14 – 15a )

Karena itu, apa pun yang terjadi tapi ingatlah bahwa;

1) Tetap ada rasa syukur atas keluargamu; Anda lahir dan hidup dari sebuah pohon keluarga yang tidak semuanya beraklak baik, namun adanya engkau di sana untuk mengharumkan nama keluargamu. Syukurilah karena keluargamu maka engkau ada di dunia ini;

2) Ingatlah pesan Paus Fransiskus, ” Tidak ada satu keluarga pun yang sempurna di dunia ini, maka cintamulah yang harus menyempurnakannya .”

Selamat Pesta Keluarga Kudus untuk para sahabat

Salam, doa dan berkatku ( + ) untuk semua ( Mgr. Inno Ngutra : Minnong – Duc in Altum )