PENYAMBUTAN IMAM BARU

Berita dari Wilayah Kei Kecil

“Umat Wilayah Kei Kecil Menyambut Pastor ke 6 dari Langgur Yang Mulia”
Langgur-Kei_. Umat Wilayah Kei Kecil pada hari ini Jumat, 20 September 2024, dengan penuh sukacita menyambut imam baru ke 6 asal Langgur, pastor Laurens Renwarin. Pastor Laurens tiba di Bandara Ibra pada jam 10.30 WIT, disambut oleh WAKIL USKUP Wilayah Kei Kecil dan pastores, dilanjutkan dengan acara penerimaan adat, kemudian tarian adat Kei, pengalungan bunga dan gelang mas adat Kei.

Setelah dari Bandara, imam baru melanjutkan perjalanan menuju ke Unio Projo. Imam baru singgah di beberapa desa seperti Sathean, Faan, Wearlilir. Di desa-desa ini imam baru diterima secara adat dan diadakan “Vor Yav” (persembahan syukur dan adat dari desa dan keluarga iamam baru). Di desa-desa ini, imam baru juga diterima dan didoakan secara adat di Woma (pusat kampung) oleh Orangkay (kepala desa) dan para tua-tua adat setempat serta warga masyarakat. Setelah itu, imam baru memberkati Woma dan seluruh umat beriman yang hadir. Cuaca sangat panas karena teriknya matahari, tetapi semua yang mengikuti proses ini melaksanakan dengan penuh semangat’dan sukacita.

Setelah melewati tiga desa diatas, rombongan dan iring-iringan kendaraan memasuki Ohoi Langgur. Imam baru dijemput dengan tarian khas Kei dan diarak berjalan kaki menuju beberapa titik penting di desa Langgur. Imam baru menuju ke makam ohoi Langgur, kemudian ke Woma, Lokasi Mgr. Joannes Aerts dkk. Di tempat-tempat ini , imam baru berdoa dan memberkati tempat tersebut. Imam baru dalam prosesi perjalanan di Ohoi Langgur didampingi langsung oleh Orangkay Langgur (kepala desa), keluarga besar imam baru, dan masyarakat Langgur.

Imam baru mengakhiri perjalannya di Wisma Unio Projo Langgur. Setibanya di depan Unio, imam baru disambut dan diterima oleh Wakil Uskup dan Kepala rumah Unio Projo Langgur serta para keluarga Imam dan Frater Diosesan. Imam baru kemudian memberkati para keluarga Diosesan dan umat beriman yang hadir. Imam baru serta rombongan memasuki ruangan utama unio dan dilanjutkan dengan santap siang bersama. Semua rangkaian acara berakhir pada pukul 15.20 WIT. Semua umat membubarkan diri dengan tertib meninggalkan unio projo. Salam dari kami di Langgur yang Mulia. Robud.