GEREJA KRISTUS DI ARAS BATU KARANG PETRUS DAN KARYA PAULUS

EMBUN ROHANI PAGI DARI KOTA TAMAN DOA “AIRLOUW” KEUSKUPAN AMBOINA DI PINGGIRAN KOTA AMBON MANISE
Sabtu, 29 Juni 2024
Hari Raya St. Petrus dan Paulus
Injil : Mat. 16 : 13 – 19

“Gereja sebagai sarana keselamatan hanya bisa didirikan oleh seorang Penyelamat. Maka jika Anda mencari sebuah gereja untuk menjadi anggotanya haruslah Anda tahu membedakan antara Gereja yang didirikan oleh Yesus atau komunitas yang didirikan oleh manusia atas nama Yesus.”

Gereja Kristus di dunia ini memiliki 4 ciri khas asali yakni: “Gereja yang Satu, Kudus, Katolik dan Apostolik. “ Gereja Kristus inilah yang didirikan di atas batu karang Petrus seperti dalam kutipan Injil hari ini: “Dan Akupun berkata kepadamu: Engkau adalah Petrus dan di atas batu karang ini Aku akan mendirikan jemaat-Ku dan alam maut tidak akan menguasainya.” ( ayat 16 ) Gereja Kristus itu pulalah yang berkembang ke bangsa-bangsa lain lewat pewartaan St. Paulus karena perintah Yesus sendiri:”Pergilah, sebab orang ini adalah alat pilihan bagi-Ku untuk memberitakan nama-Ku kepada bangsa-bangsa lain serta raja-raja dan orang-orang Israel.”

Karena itu renungkanlah beberapa point berikut ini:

1) Gereja sebagai sarana keselamatan hanya bisa didirikan oleh Sang Penyelamat bukan oleh manusia atas nama Yesus. Maka tanyakanlah dirimu: Apakah Gerejamu didirikan oleh Yesus atau oleh manusia atas nama Yesus;

2) Yesus hanya mendirikan satu Gereja saja di dunia ini di bawah pimpinan satu Gembala yakni Petrus dan para penggantinya;

3) Gereja Kristus di dunia ini memiliki 4 cirikhas asali yakni: Satu, Kudus, Katolik dan Apostolik. Tanyakanlah dirimu: Apakah gerejamu memiliki 4 sifat ini?

Akhirnya sadarlah bahwa Gereja itu penting bagi keselamatanmu di samping iman, baptisan dan perbuatan baik. Unsur-unsur inilah yang diminta oleh Yesus sebagai syarat keselamatanmu. Beriman itu bagus, tapi mengerti dan memahami akan apa yang kita imani akan sangat membantu penghayatan kita.

Selamat beraktivitas untuk para sahabat

Salam, doa dan berkatku ( + ) untuk semua. ( Dari: Mgr. Inno Ngutra : Minnong – Duc in Altum )