MEMBERI DAN BERBAGI ADALAH CARA TERINDAH MENJADI BERKAT BAGI SESAMA”

EMBUN ROHANI PAGI DARI TAMAN DOA AIRLOUW DI PINGGIRAN KOTA AMBON MANISE
Jumat, 21 Juni 2024
Injil : Mat. 6 : 19 – 23

Kebahagiaan dan kesempurnaan hidup seseorang bukan tergantung pada banyaknya yang ia miliki, melainkan pada seberapa sering ia memberi dan berbagi kepada sesamanya yang susah dan miskin.”

Satu hal yang sangat pasti bahwa di hari kematian, tak satu pun harta, uang dan segala yang kita miliki dibawa-sertakan. Tanah 2 x 1 meter dan sebuah peti lah yang menjadi milik tubuh lunglai kita saat itu. Lalu, apa gunanya semua harta dan uang yang kita kumpulkan?

Pagi ini Yesus ingatkan kita tentang apa yang penting dan kurang penting dalam hidup kita terutama menyangkut keselamatan kita kelak dengan berkata: “Janganlah kamu mengumpulkan harta di bumi.” ( ayat 19 ) Sebaliknya, Ia menegaskan: “Tetapi kumpulkanlah bagimu harta di sorga.” ( ayat 20 )

Beberapa butir permenungan bagi kita di pagi ini, yakni:

1) Uang dan harta bukan hal utama dalam hidup, tapi tetap diperlukan, maka usaha dan kerja keras untuk mendapatkannya dengan cara yang pantas hendaknya diperjuangkan;

2) Bila Anda telah diberkati dengan harta dan uang, maka ingatlah bahwa Tuhan menitipkan nadib sebagian untuk orang miskin dan susah bagimu;

3) Hidupmu berarti dan berkualitas bukan tergantung pada banyaknya yang Anda miliki, melainkan pada seberapa sering Anda memberi dan berbagi kepada sesama yang miskin dan menderita.

Akhirnya bila Anda merasa sangat diberkati oleh Tuhan dengan kekayaan, harta dan uang, maka jadilah berkat bagi sesamamu.

Selamat beraktivitas untuk para sahabat

Salam, doa dan berkatku ( + ) untuk semua. ( Dari: Mgr. Inno Ngutra : Minnong – Duc in Altum )