SYUKURILAH ATAS SEMUA YANG ANDA MILIKI SAAT INI

EMBUN ROHANI PAGI DARI KOTA AMBON MANISE
Jumat, 12 April 2024
Hari Biasa Pekan II Paskah
Injil : Yoh. 6 : 1 – 15

”Rasa syukur bukan selalu berarti Anda berkelimpahan, melainkan membuatmu sadar bahwa baik apa pun yang Anda miliki maupun tidak miliki, baik suka maupun susah, baik sehat maupun sakit dan derita semua terjadi dalam lindungan dan perhatian Tuhan. Sebaliknya keluhan selalu membuatmu merasa kekurangan walaupun Anda memiliki lebih dari cukup.”

Keluhan para murid bahwa hanya ada 5 roti dan 2 ikan karena pasti tidak cukup untuk ribuan manusia tidak membuat panik Yesus. Bagi Yesus sekecil apa pun apa yang kita miliki, tapi dengan tulus kita berikan kepada Tuhan maka akan diubahnya menjadi berkelimpahan seperti yang tertulis dalam kisah Injil hari ini: “Lalu Yesus mengambil roti itu, mengucap syukur dan membagi-bagikannya kepada mereka yang duduk di situ, demikian juga dibuat-Nya dengan ikan-ikan itu, sebanyak yang mereka kehendaki.” ( ayat 11 )

Karena itu, ada beberapa hal yang perlu dipikirkan dan direnungkan yakni:

1) Syukurilah atas semua yang Anda miliki dan semua yang Anda alami sampai saat ini;

2) Jangan mengeluh akan hidupmu, atas apa yang Anda miliki dan alami karena keluhan akan membuat ringannya beban menjadi terasa berat di bahu dan apa yang cukup akan selalu terasa kurang dalam hidupmu;

3) Dalam keadaan apa pun saat ini, Serahkanlah kepada Tuhan, karena bukankah dua ikan dan lima roti yang tidak berarti di tangan anak kecil itu menjadi berkelimpahan di tangan Tuhan? Demikian pun yang akan Tuhan lakukan bagi dirimu ketika engkau berserah kepada-Nya.

Ingatlah bahwa baik keluhan maupun ucapan syukur tidak menambah atau mengurangi apa yang Anda miliki saat ini, tapi pilihan terhadap salah satu di antara dua sikap itu akan berdampak negatif atau positif terhadap hati, pikiran dan cara hidupmu.

Selamat beraktivitas untuk para sahabat

Salam, doa dan berkatku ( + ) untuk semua. ( Dari: Mgr. Inno Ngutra : Minnong – Duc in Altum )