PATUNG ALM. RD. EUSEBIUS JAMCO BERDIRI DI DEPAN WISMA UNIO LANGGUR

Eusebius Jamco adalah seorang pastor dan politikus Indonesia. Ia lahir di Duroa, Kepulauan Kei pada tanggal 9 Februari 1917. Ia menuntut ilmu di Partikelir missie H.I.S. Tual Studie – Gymnasial di Seminari dan Filsafat di Tomohon. Dari 1944 sampai 1946, ia menjadi Pastor di Jakarta. Kemudian, ia menjadi pastor di Langgur

Dimulai dengan tantangan saya kepada beberapa umat dari Duroa ( Kampung Alm. Pastor EUSEBIUS JAMCO ), yang adalah kampung Pela Mati dengan Waur ( Kampungku ) untuk mendirikan sebuah Patung dari Alm. Pastor EUSEBIUS JAMCO, yang adalah IMAM DIOSESAN PERTAMA KEUSKUPAN AMBOINA, maka dalam rapat mereka sepakat untuk memenuhi harapan saya tersebut.

Tepat hari ini, Sabtu, 23 Maret sebulan menjelang Hut Tahbisan ke – 2 Episcopalku maka patung tersebut telah didirikan di depan Wisma UNIO LANGGUR sebagai kenangan akan jasa beliau, yang membuka jalan bagi para pria muda Katolik Maluku untuk menjadi Imam Diosesan Keuskupan AMBOINA.

Semoga patung Alm. Pastor EUSEBIUS JAMCO tidak sekedar menjadi sebuah kenangan, melainkan menjadi daya tarik bagi orang-orang muda Katolik untuk memilih jalan panggilan sebagai Imam di Keuskupan AMBOINA maupun dalam Tarekat apa pun yang mereka kehendaki.

Dari Surga Tuhan kita, Doakanlah kami para Imam yang mengikuti jalanmu dan seluruh umat Keuskupan AMBOINA.

UNTUK KRISTUS RAJA KITA: JADILAH!

Terima kasih kepada semua umat Pela Duroa yang telah mendedikasikan patung ini.