MENGHORMATI YANG TUA

EMBUN ROHANI PAGI DARI KOTA AMBON MANISE
Rabu, 27 Desember 2023
Oktaf Natal: Pesta St. Yohanes, Rasul, Penulis Injil
Injil : Yoh. 20 : 2 – 8

Penghormatan dan penghargaan terhadap pimpinan dan orang tua semakin lama semakin memudar dalam kalangan generasi muda. Contoh paling kongkrit: Suatu sore, saya melewati para Seminaris yang sedang mencabut rumput. Walaupun mereka tahu saya lewat tapi semua diam saja, maka saya berinisiatif menyapa mereka. Setelah itu barulah mereka membalas menyapaku.

Pagi ini ketika kita merayakan Pesta St. Yohanes, Rasul dan Penulis Injil, kita diingatkan akan sopan Santun untuk menghargai yang tua seperti apa yang dibuat oleh Yohanes kepada Petrus: “Keduanya berlari bersama-sama, tetapi murid yang lain itu berlari lebih cepat dari pada Petrus sehingga lebih dahulu sampai di kubur.” ( ayat 4 ) Dilanjutkan: Maka masuklah juga murid yang lain, yang lebih dahulu sampai di kubur itu dan ia melihatnya dan percaya.” ( ayat 8 )

Karena itu yang harus kita renungkan dan perbuat adalah:

1) Menghargai para pemimpin dan orang tua itu adalah bagian dari kebijaksanaan dan kebajikan hidup;

2) Selalu memberi ruang bagi orang lain untuk mendapatkan apa yang mereka cita-citakan adalah bagian dari sifat kerendahan hati;

3) Bahagia melihat orang lain menggapai impiannya adalah ungkapan kebesaran jiwamu.

Akhirnya sadarlah bahwa memberi ruang kepada orang lain untuk menggapai impian mereka itu lebih penting daripada merebut kemenangan dengan cara merampas dan mengorbankan sesama.

Selamat beraktivitas untuk para sahabat

Salam, doa dan berkatku ( + ) untuk semua. ( Dari: Mgr. Inno Ngutra : Minnong – Duc in Altum )