KONSISTENSI PELAKSANAAN RAKER (RENCANA KERJA) ALLAH

DAILY WORDS, SABTU, 25 MARET 2023
PEKAN IV PRAPASKAH
HARI RAYA KABAR SUKACITA

BACAAN I : YES 7: 10 – 14; 8: 10
MAZMUR : MZM 40 : 7 – 8a. 8b– 9. 10. 11
BACAAN II : IBR 10: 4 – 10
INJIL : LUK 1: 26 – 38


by RP. Pius Lawe, SVD

@ Selamat merayakan Pesta Kabar Sukacita. Sebagaimana yang disyeringkan Mgr. Seno Ngutra – Uskup Keuskupan Amboina dalam Embun Rohani Pagi-nya hari ini, semoga hidup dan karya kita menjadi KABAR SUKACITA bagi sesama di sekitar kita…Amin. Hari ini, saya coba berimaginasi tentang RAKER atau RAPAT KERJA yang diselenggarakan oleh TIGA PRI BADI: ALLAH BAPA – ALLAH PUTERA – ALLAH ROH KUDUS. Dalam imaginasi spiritual-ku, mereka bertiga pada WAKTU YANG TAK TERBATAS (keabadian) dan bertempat di singgasana YANG MELAMPAUI RUANGAN, membuat sebuah pertemuan beragendakan KESELAMATAN DUNIA atau KESELAMATAN UMAT MANUSIA.

@ Ditetapkan bahwa, pertama , Allah yang melampaui ruang dan waktu, ketiga pribadi ini mesti dalam cara yang unik dapat menyapa manusia atau dapat terjangkau indra manusia. @ Kedua , untuk mengeksekusi rencana di atas, ditetapkan rencana jangka pendek, yaitu perkenalan Allah kepada nenek moyang – leluhur yang disapa Abraham – Ishak dan Yakub yang setelah ribuan tahun menikmati dunia dengan perkembangan budayanya sejak masa manusia pertama. Rencana jangka pendek yang kedua, menyelamatkan orang Israel – bangsa yang terpilih dari turunan Abraham lewat pengutusan para nabi, raja dan hakim. Inilah yang disebut plan A. Jika plan A ini berjalan namun belum maksimal untuk mewujudkan visi dan misi besar Allah yaitu PENYELAMATAN UMAT MANUSIA, maka dibuatlah plan B. Plan B ini adalah Rencana Jangka Panjang berupa TINDAKAN ALLAH untuk TURUN KEDUNIA. Rencana Jangka Panjang ini perlahan terekspose keluar lewat ramalan para nabi. Dan salah satunya yang secara terang benderang menyerukan atau menubuatkan rencana jangka panjang Allah adalah nabi Yesaya sebagaimana termaktub di dalam bacaan Pertama hari ini. “ Seorang perempuan muda akan mengandung”.

@ Rencana Jangka Panjang oleh Allah ini pada akhirnya menjadi lebih jelas ketika Malaikat Gabriel datang mengunjungi seorang gadis desa Nazaret yang benama Maria. Ya, di luar dugaan, Malaikat mengabarkan sebuah kabar yang mengejutkan bagi si gadis ini. Mengapa mengejutkan? Ya, karena dia akan mengandung tanpa ada relasi suami dan istri dengan tunangannya Yusuf. Berat nian! Apa yang bakal menjadi tanggapan masyarakat setempat dengan – masyarakat yang kental dengan adat istiadat Yahudi. Bagaimana tanggapan Yusuf yang masih berstatus tunangan ketika mendengar bahwa Maria sudah mengandung. Dan bagaimana Maria harus menjelaskan ini kepada keluarga besar dan khususnya kepada bakal suaminya yang sangat dicintainya sungguh? Ini semua keraguan manusiawi yang melintasi pikiran Maria – si gadis des aitu sebelum dia sampai pada keputusan akhir yang tertuang dalam jawabannya yang penuh dengan iman dan kerendahan hati: FIAT VOLUNTAS TUA .

@ Sungguh hari ini menjadi sebuah KABAR SUKACITA karena satu dua alasan ini. Pertama , Allah konsisten dengan janjinya. Allah konsisten dengan plan B-nya. Setelah plan A. Dia – Allah tidak berhenti mencintai Israel meskipun Israel selalu tidak setia pada-Nya. Kedua , hamba Allah yaitu Maria, sungguh memberi suatu keteladanan iman – dengan rendah hati menerima tawaran Allah, dan dengan rendah hati menjalankan semuanya. Hal ini Maria tunjukkan dalam sikap utamanya: diam dan menyimpan semuanya di dalam hati-nya. Luar biasa! Konsistensi Allah untuk mengeksekusi RAKER-Nya dan kerendahan hati seorang hamba Allah – Maria, dalam menanggapi RAKER Allah di atas. Pertanyaan-ku di akhir goresanku hari ini: apa RAKER-mu? Sebagai imam, sebagai biarawan/I, sebagai DPP, DPS, dan sebagainya…? Kita mohon doa Bunda Maria agar kita dikutkan dan boleh belajar konsisten seperti Allah meskipun kita selalu jatuh bahkan dalam dosa yang sama. Semoga doa Bunda Maria menguatkan langkah kita dalam mengeksekusi apa pun Rencana Kerja yang kita buat, agar tidak terjadi apa yang orang Ambon serukan dalam guyonnya: janji tinggal janji parlente jalan terus …. Holy Mother of God, pray for us all – Maria dst. Bunda Allah yang kudus, doakanlah kami sekalian…salve..salve…salve…padrepiolawesvd..