Rekoleksi Sebagai Sarana Meningkatkan Iman, Moral dan Karakter Siswa


Passo – Kegiatan rekoleksi adalah kegiatan rutin yang dimaksudkan untuk meningkatkan iman dan takwa kepada Tuhan.

“Kegiatan ini merupakan kesempatan dan sarana yang indah untuk merefleksikan kasih Tuhan bagi kita. Hal ini sesuai dgn motto Yayasan Pendidikam Katolik Keuskupan Amboina (YPKKA), yaitu unggul dalam iman, moral dan karakter,” ungkap Kepala Sekolah Xaverius Passo, Henrika Ohoiwirin, S.Pd pada kesempatan Rekoleksi siswa pada Sabtu (23/2/2024) bertempat di halaman SD Katolik/SMP Xaverius Passo.


Menurutnya, kegiatan rekoleksi kali ini memiliki kekhususan karena dilakukan dalam konteks masa Puasa dengan dipandu oleh tema Aksi Puasa Pembangunan (APP) Tahun 2024 yang diberikan oleh Keuskupan Amboina, yaitu “Berjalan Bersama Dalam Persekutuan (koinonia)”.

Ia berharap para siswa dapat mengikuti kegiatan rekoleksi ini dengan tertib sehingga berjalan dengan lancar.

“Semoga kegiatan ini dapat membantu para siswa menjadi pribadi-pribadi yang berkualitas dalam iman dan moral, ” harapnya.

Harapan yang sama disampaikan Ketua Panitia Rekoleksi, Ny. Mariola Souhuken, S.Pd
Dalam sambutan membuka pelaksanaan rekoleksi, Ibu Ola demikian sapaannya, mengharapkan para siswa dapat mengikuti semua acara dengan tertib sehingga kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar.

“Semoga apa yang diperoleh dalam rekoleksi ini dapat menambah pengetahuan bagi kita sekalian, baik sebagai pendidik maupun sebagai anak didik,” demikian harapannya.


Sementara itu, Ibu Veronika Toker sangat mengapresiasi kegiatan rekoleksi ini guna membina iman anak Katolik, dan menumbuhkan semangat iman bagi siswa yang bersekolah di persekolahan katolik.

“Semoga ini selalu terjaga dan dilanjutkan pada masa yang akan datang,” ungkap guru bidang studi Seni Budaya dan Informatika SMP. Xaverius Passo ini.

Tak ketinggalan peserta rekoleksi, Jean Kristi Karubun mengungkapkan rasa senang dengan kegiatan rekoleksi ini.

“Saya merasa senang karena dapat bertemu dengan banyak teman. Tetapi juga saya mendapatkan banyak masukan untuk menambah pengetahuan saya, khususnya tentang kehidupan dan pelayanan St. Fransiskus Xaverius,” ungkap Siswi SMP Xaverius Kelas 8 ini.

Dia berharap semoga materi yang telah diberikan oleh Pastor dan para guru dapat diterima dengan baik oleh para siswa dan melaksanakannya dalam hidup sehari-hari. “Marilah kita menjadi siswa-siswi yang unggul dalam iman dan moral,” jelasnya.


Kegiatan rekoleksi ini melibatkan 100 orang siswa dari SD. Katolik Amahori khususnya Kelas IV sampai Kelas VI dan para siswa SMP. Xaverius Passo Kelas VII sampai Kelas IX berjumlah 84 orang

Hadir dalam kegiatan rekoleksi ini Kepala Sekolah SD. Katolik Amahori dan para guru pembina, serta Kepala Sekolah SMP. Xaverius Passo dan para guru pembina.


Acara rekoleksi ini dibuka dengan Jalan Salib dan Perayaan Ekaristi di Gereja Paroki St. Joseph Passo (Jumat, 23/2) dipimpin RD. Costan Fatllolon.

Selanjutnya, para siswa mendapatkan masukan tentang Tema APP Tahun 2024 oleh Pastor Costan dan para guru. Para siswa juga mendapatkan kesempatan untuk bermeditasi dan berefleksi bersama Firman Tuhan dipimpin guru pembina Saudara Inno Refilely, S.Fils.

Penutupan acara rekoleksi dilaksankan pada Sabtu (24/2) dalam Perayaan Ekaristi di Gereja Paroki dipimpin Pastor Costan Fatlolon (PCF).

GALERI KEGIATAN REKOLEKSI