Radikalitas iman tidak perlu mutilasi. Tiada maksud Yesus mengatakan kepada kita, bila mata mencelakakan kita, sebaiknya mata itu dicungkil dan dibuang dalam artian yang sesungguhnya. Begitu juga bila tangan melakukan hal yang sama, maka tangan itu dipotong dan dibuang saja. Lalu apa maksud Yesus sebenarnya? Makna dasar kata-kata itu adalah Yesus meminta kita supaya sedapat mungkin, kita sendiri bersedia sejak awal, mengendalikan atau mengatasi kecenderungan jahat dari dalam diri kita terhadap apa yang dirasa begitu nikmat oleh tangkapan inderawi kebertubuhan kita. Alangkah baiknya melatih dan mengolah kebatinan kita supaya tidak terperosok jatuh pada kejahatan. Begitupun melatih dan membiasakan raga kita untuk tidak secara sembarangan merespon rangsangan liar yang bermunculan di ke sekitaran jangkaun indrawi kita dan justru benar-benar mencelakakan kita. Jiwa dan tubuh yang mampu menahan dan menolak daya tarik luaran yang serba nikmat akan tampil menjadi persembahan diri yang sempurna di mata Tuhan. Sebaliknya, dapat tinggal hanya sebagai persembahan yang cacat atau bahkan tak berkenan di mata Tuhan bila terbukti berulangkali menistakan diri dalam kejatuhan nikmat dunia. Hati tak perlu ditikam, mata tak perlu dicungkil dan tangan tak perlu dipotong. Semua yang ada pada lapis batin dan luaran perlu saja diasa sedemikian rupa sehingga tidak menjadi sumber malapetaka kini dan kelak. Mutilasi tak dilegalkan sebagai sanksi hukum Kristiani. Metanoia, iya. Itulah cara merubah atau mempertobatkan diri yang dimulai dari cara pikir dan olah batin. Tanpa itu, kita akan terus terbuai dengan nikmat duniawi yang mengenakan tubuh raga kita dalam kesementaraan namun mencelakan dan menyengsarakan kita pelan-pelan sambil memperlebar kerusakan masa depan kita. ………………… M. Taher
Related Posts
-
-
Nabi Palsu (Matius 7:15-20)Kepada kita, sejak dibaptis, dianugerahi Allah untuk mengambil bagian di dalam satu martabat mesianik. Itulah…