Categories: Daily WordsRenungan

KATA-KATA YANG MEMBAWA HARAPAN & HIDUP

DAILY WORDS, SELASA, 17 SEPTEMBER 2024
HARI BIASA DALAM PEKAN BIASA XXIV
BY RP. PIUS LAWE, SVD

BACAAN I : I KOR 12: 12 – 14. 27 – 31a
MAZMUR : MZM 100: 2 – 5
INJIL : LUK 7: 11 – 17

@ St. Paulus membuat analogi yang bagus tentang Gereja atau Jemaat. Gereja yang adalah kumpulan umat Allah merupakan satu Tubuh Mistik dengan Kristus sebagai kepalanya dan kita adalah anggota-anggotanya. Setiap anggota mempunyai peran masing-masing sesuai dengan karunia yang Tuhan berikan. Ada yang berperan sebagai rasul, ada yang berperan sebagai nabi dan ada pula yang berperan sebagai pengajar. Masing-masing memainkan perannya untuk mendukung kehidupan Gereja yang adalah satu tubuh mistik.

@ Roh Kudus yang memampukan setiap anggota untuk dapat berperan sesuai dengan karunianya masing-masing. Peran setiap anggota hanya dapat dimainkan secara maksimal jika yang bersangkutan sungguh-sungguh bekerja sama dengan Roh Kudus. Dalam hal ini, setiap anggota mesti belajar untuk membedakan mana yang adalah bisikan Roh Kudus dan manakah yang bukan. Inilah yang kita sebut dengan kemampuan membuat DISCERMENT. Setiap anggota tidak serta merta mengklaim jika apa yang dilakukan atau dikatakan itu sebagai kerja Roh Kudus.

@ St. Paulus menekankan, apapun yang dilakukan atau dikatakan, hal itu merupakan karunia Roh Kudus. Yang ditekankan di sini adalah KARUNIA atau yang akrab kita sebut sebagai charism – KARISMA.
Tidak semua orang mempunyai karunia yang sama. Karunia itu pun bukan sesuatu yang diturunkan begitu saja. Hal ini berlaku pula dengan KARUNIA BERBAHASA ROH. Tidak semua dalam satu group mengklaim bahwa mereka semua mendapat karunia berbicara dalam.bahasa Roh. Dan jika memang ada yang mempunyai karunia untuk itu, tidak semua orang dapat menerjemahkannya. Hanya orang tertentu yang diberi karunia untuk tujuan dimaksud.

@ Satu pertanyaan dapat muncul di sini: apa yang hendak kita lakukan dengan karunia-karunia itu? Ya, satu jawaban yang sederhana: untuk mwmbangun tubuh mistik Kristus. Hal ini berlaku pula dengan karunia berbicara dalam bahasa Roh Kudus. Jika seseorang memiliki karunia untuk berbicara dalam.bahasa Roh maka tentu saja kata-kata yang keluar beraifat MENGHIDUPKAN dan MEMBERI HARAPAN. Apalah artinya jika seseorang diberi karunia berbicara dalam bahasa Roh Kudus namun dalam kesehariannya lebih banyak keluar kata-kata yang melukai hati orang lain, kata-kata makian, hujatan, gosip, kata-kata yang merendahkan orang lain. Pokoknya, karunia berbicara dalam.bahasa Roh Kudus tidak punya gema jika yang keluar dari mulut ssseorang lebih banyak kata-kata yang MEMATIKAN KHARAKTER ORANG LAIN, kata-kata yang tidak membawa HARAPAN dan KEHIDUPAN.

@ Seperti Yesus dalam cerita Injil hari ini, hendaknya kata-kata yang keluar dari mulut kita dan tindakan-tindakan yang kita lakukan, membawa harapan dan kehidupan. Kata-kata dan tindakan Yesus telah membawa harapan bagi si janda dari Nain yang sedang dalam dukacita oleh karena kematian anak semata wayang. Kata-kata Yesus yang powerful justru menggerakkan dan memberi kembali nafas kehidupan kepada si Pemuda yang sudah meninggal dunia. Kita saling mendoakan, semoga apapun karunia yang Tuhan berikan, entah sebagai rasul, sebagai nabi atau sebagai pengajar, penyanyi, pesenter, entertainer, tukang bangunan, ilmuwan, petani, dst. semuanya dapat kita lakukan demi kemuliaan Tuhan dan dapat memberi harapan serta hidup bagi orang lain. Have a blessed day filled with love and mercy.. warm greetings to you all 🙏🙏🙏🙏

keuskupan amboina

Recent Posts

*MENGASIHI SECARA TAK BERSYARAT (UNCONDITIONALLY):APAKAH ITU CARA YANG TEPAT UNTUK MENGUCAP SYUKUR ATAU CARA MEMBAYAR UTANG DOSA?

DAILY WORDS, KAMIS, 19 SEPTEMBER 2024HARI BIASA DALAM PEKAN BIASA XXIVBY RP. PIUS LAWE, SVD…

13 hours ago

KASIH YANG MELAHIRKAN KEPEDULIAN

DAILY WORDS, RABU, 18 SEPTEMBER 2024HARI BIASA DALAM PEKAN BIASA XXIVBY RP. PIUS LAWE, SVD…

18 hours ago

TUHAN SEDANG MENANTI UNTUK MENGAMPUNI DAN MEMBEBASKANMU

EMBUN ROHANI PAGI DARI KOTA AMBON MANISEKamis, 19 September 2024Injil: Luk. 7 : 31 -…

18 hours ago

BEBAL HATI LUMPUHKAN DAYA PIKIR

EMBUN ROHANI PAGI DARI KOTA AMBON MANISERabu, 18 September 2024Injil: Luk. 7 : 31 -…

2 days ago

YESUS SANGAT DEKAT DENGAN MEREKA YANG MENDERITA

EMBUN ROHANI PAGI DARI KOTA AMBON MANISESelasa, 17 September 2024Injil: Luk. 7 : 11 -…

3 days ago

IMAN MENGATASI PRIMORDIALISME

DAILY WORDS, SENIN, 16 SEPTEMBER 2024HARI BIASA DALAM PEKAN BIASA XXIVPW MARTIR ST. KORNELIUS, PAUS,…

4 days ago