Categories: Renungan

YESUS ADALAH JALAN, KEBENARAN DAN HIDUP

Kis. 6:1-71Ptr. 2:4-9Yoh. 14:1-12.

HM Paskah V

Minggu, 7 Mei 2023

RD. Novly Masriat

​Dalam amanat perspisahannya, saat-saat terakhir Yesusbersama dengan para murid-Nya, Yesus mengajak para murid untuk jangan gelisah. Rupanya para murid sedih dan gelisahkarena Yesus akan segera meninggalkan mereka. Yesusmendorong para murid untuk tidak perlu gelisah dalam hidup. Yesus menghendaki agar kegelisahaan jangan sampaimenguasai hidup para murid. Paus Fransiskus katakan(Cristus Vivit, art. 142) bahwa kegelisaaan  atau kekhawatiranadalah salah cobaan. Kekhatawatiran membuat kita cepatmenyerah dan putus asa. Kekakhwatiran membuat kita untuktidak bergerak maju dan berkembang. Yesus memastikan pada para murid untuk percaya kepada-Nya. Iman akan Yesusadalah sebuah jaminan yang pasti yang menghalaukegelisahan dan kekhawatiran tersebut. Yesus adalah juruselamat kita. Yesus adalah jalan, kebenaran, dan hidup. 

Yesus adalah jalan berarti Yesus adalah arah dan tujuan. Yesus adalah kebenaran berarti Yesus menjadi sumberkebenaran. Dia adalah kebenaran itu sendiri. Yesus adalahhidup berarti Yesus menjadi sumber kehidupan. Dia adalahkehidupan itu sendiri. Hal menunjukkan bahwa keselamatanitu ada dalam diri Yesus. Dia bukan menjadi penunjuk jalan, kebenaran atau hidup, tetapi dia sendiri adalah jalan, kebenaran, dan hidup. Para nabi hanya datang untuk memberipetunjuk tentang kebenaran dan hidup. Mereka bukanpemiliki kebenaran dan hidup. Mereka hanya menunjukkan di mana kebenaran atau hidup itu berada. Jalan, kebenaran, dan hidup adalah Yesus sendiri. Hanya Dia saja yang menjadijalan bagi kita untuk melihat Allah. Kebenaran ada pada-Nya. Kebenaran bukanlah sesuatu, tetapi pribadi Yesus. Kebenaranbukan pertama-tama sebuah pernyataan tentang benar, tetapitentang perjumpaan dengan pribadi Yesus. Paus Fransiskus, dalam general audience (15 Mei 2013), berkata bahwaperjumpaan bukan sebuah kepemilikan tentang sesuatu, tetapitentang perjumpaan dengan seorang pribadi. Pribadi ini adalahYesus. Yesus adalah satu-satunya jalan untuk memperolehkehidupan. Dia adalah sumbe hidup. Dalam dirinya kitamemperoleh kehidupan. Tidak ada jalan lain untukmemperoleh kehidupan itu, selain Yesus. 

Bagaiaman kita supaya kita bisa sampai pada Yesus yang adalah jalan, kebenaran, dan hidup? Apakah dengan kuliahteologi atau pendidikan agama? Tentu tidak cukup. Paus Fransikus, dalam general audience (16 Mei 2014) menyebutkan tiga pintu untuk bisa sampai dan berjumpadengan Yesus yang adalah jalan, kebenaran, dan hidup. Pertama, berdoa. Tanpa doa kita tidak pernah akan berjumpadengan Yesus. Doa yang benar adalah doa yang keluar darihati yang tulus dan kudus. Kedua, perayaan liturgi. Berdoasaja tidak cukup. Merayakan liturgi juga perlu. Yesus kitakenal melalui perayaan-perayaan sakramen. Merayakan Yesusdalam sakramen-sakramen mengantar kita untuk lebih dekatdengan Yesus, dan mengantar kita untuk merasakan kasih, kebaikan, kekuatan, sapaan dari Yesus. Ketiga, menjadiimitasi dari Yesus, dengan cara mengikuti apa yang Yesuslakukan, melaksanakan apa yang Yesus perintahkan. Amin.

keuskupan amboina

Recent Posts

KASIH YANG MELAHIRKAN KEPEDULIAN

DAILY WORDS, RABU, 18 SEPTEMBER 2024HARI BIASA DALAM PEKAN BIASA XXIVBY RP. PIUS LAWE, SVD…

4 hours ago

TUHAN SEDANG MENANTI UNTUK MENGAMPUNI DAN MEMBEBASKANMU

EMBUN ROHANI PAGI DARI KOTA AMBON MANISEKamis, 19 September 2024Injil: Luk. 7 : 31 -…

4 hours ago

BEBAL HATI LUMPUHKAN DAYA PIKIR

EMBUN ROHANI PAGI DARI KOTA AMBON MANISERabu, 18 September 2024Injil: Luk. 7 : 31 -…

1 day ago

KATA-KATA YANG MEMBAWA HARAPAN & HIDUP

DAILY WORDS, SELASA, 17 SEPTEMBER 2024HARI BIASA DALAM PEKAN BIASA XXIVBY RP. PIUS LAWE, SVD…

2 days ago

YESUS SANGAT DEKAT DENGAN MEREKA YANG MENDERITA

EMBUN ROHANI PAGI DARI KOTA AMBON MANISESelasa, 17 September 2024Injil: Luk. 7 : 11 -…

2 days ago

IMAN MENGATASI PRIMORDIALISME

DAILY WORDS, SENIN, 16 SEPTEMBER 2024HARI BIASA DALAM PEKAN BIASA XXIVPW MARTIR ST. KORNELIUS, PAUS,…

3 days ago