TENTANG IMAN: TIDAK PERLU SEMUA HARUS DIPAHAMI DAN DIJAWAB

EMBUN ROHANI PAGI DARI KOTA SAUMLAKI, KABUPATEN KEPULAUAN TANIMBAR
Sabtu, 03 Juni 2023
Injil : Mrk 11 : 27 – 33

Pertanyaan, diskusi dan bahkan debat tentang iman Katolik dan semua tradisinya terus kita temui di setiap zaman dan generasi. Menghadapi semuanya itu, ada yang perlu untuk ditanggapi agar diluruskan, yang lain harus dijelaskan dan bahkan ada juga yang tidak perlu ditanggapi, entahkah karena tidak perlu atau memang kita tidak mempunyai jawaban tuntas atasnya seperti tentang konsep Allah Tritunggal.

Pagi ini kita belajar dari Yesus bagaimana caranya membungkam para pengeritik-Nya. Dikisahkan; Lalu mereka menjawab Yesus: ” Kami tidak tahu.” Maka kata Yesus kepada mereka: “Jika demikian, Aku juga tidak mengatakan kepadamu dengan kuasa manakah Aku melakukan hal-hal itu.” ( ayat 33 )

Karena itu terhadap semua yang mempertanyakan iman kekatolikanmu maka jawablah apa yang bisa Anda jawab, dan doakanlah mereka yang tidak menerima penjelasanmu.

Ingatlah bahwa ketika Anda makan ikan dan menemui duri, tidak mungkin Anda berhenti dan bertanya mengapai sampai harus ada duri kan? Tapi keluarkanlah durinya dan teruslah maka dagingnya. Demikian tentang iman; Teruslah mengimani kebenarannya walaupun Anda tidak memahami tuntas isinya.

Selamat berakhir pekan untuk para sahabat

Salam, doa dan berkatku ( + ) untuk semua. ( Dari: Mgr. Inno Ngutra : Minnong – Duc in Altum )