MENGHIDUPI KARAKTER YOHANES PEMBAPTIS

EMBUN ROHANI PAGI DARI KOTA AMBON MANISE
Senin, 02 Januari 2023
Masa NATAL
Injil : Yoh. 1 : 19 – 28

Demi kepentingan tertentu, orang cenderung untuk berdusta dan menyombongkan diri di hadapan orang lain. Yohanes Pembaptis pun memiliki ruang dan kesempatan untuk melakukan hal seperti ini bila ia ingin terkenal di mata umum. Namun, Yohanes tidak jatuh ke dalam hal semu yang mencoreng diri dan misi luhurnya.

Dalam Injil hari ini, ada 3 karekater penting yang kita bisa pelajari dari Yohanes Pembaptis adalah;

1) Kejujuran ; Ia mengatakan dengan terus terang bahwa Dia bukanlah Mesias. Ia hanyalah suara yang berseru-seru di padang gurun. Tertulis dalam Injil hari ini, Jawabnya: “Akulah suara orang yang berseru-seru di padang gurun: Luruskanlah jalan Tuhan .” ( Yoh. 1 : 23 )

2) Tidak Suka Berdusta ; Ia tidak memanfaatkan kesempatan untuk berdusta seperti tertulis dalam Injil, ” Ia mengaku dan tidak berdusta, katanya: “Aku bukan Mesias .” ( Yoh. 1 : 20 )

3) Kerendahan Hati ; Ia mengakui kelebihan orang lain dan tidak menonjolkan dirinya. Tertulis, ” Membuka tali p  kasut-Nyapun aku tidak layak.” ( Yoh. 1 : 27 )

Semoga di Tahun yang baru ini kita berjuang untuk memiliki atau setidak-tidaknya bisa menghidupi 3 keutamaan Yohanes Pembaptis dalam hidup dan karya-karya kita.

Selamat beraktivitas

Salam, doa dan berkatku ( + ) untuk semua ( Mgr. Inno Ngutra : Minnong – Duc in Altum )