SPIRITUALITAS IMAMAT: PART #4

MEDEKATLAH PADA MARIA

(OLEH: YOS PATRIS MSC)

Kadang-kadang seorang anak butuh perhatian dan penguatan dari mamanya; begitu juga dengan seorang imam. Seorang imam tanpa dukungan dan bantuan bunda Maria, rasanya ada sesuatu yang kurang. Imam sebaiknya dekat dengan Maria sebagaimana Yesus yang dekat dengan bundaNya itu. Kedekatan dapat dibangun dengan cara yang sederhana, misalnya berdevosi.

Spiritualitas imamat seorang imam hendak dibangun dan dipelihara melalui devosi kepada Maria. Mengapa demikian, karena dari Maria, imam belajar bagaimana mendengarkan sabda Allah, berdoa, dan memiliki sikap sedia kepada Allah. Melalui Maria, imam memperoleh pengenalan yang mendalam akan Kristus karena Maria sungguh mengenal Yesus putra-Nya sejak dalam kandungan, lahir, saat berkarya, saat menuju wafatnya di Salib.

Devosi kepada Maria lebih menyempurnakan lagi devosi seorang imam kepada Yesus, sebab ketika memuji Maria, kita mengingat akan karya Allah sendiri. Allah yang berkenan hadir dan tinggal di antara manusia. Seorang imam bisa berdoa Rosario untuk memuji Maria. lagi pula dengan berdoa Rosario memiliki kekuatan dan pengaruh yang luar biasa. Relasi dengan Maria memampukan imam untuk mengusir setan dan menemukan kedamaian di antara Manusia. Maka hendaklah selalu berdoa Rosario. Ketika imam terombang-ambing oleh gelombang badai dunia, ketika cobaan muncul, ketika mengalami kesulitan, ketika difitnah, ketika ragu-ragu, dan ketika sedang putus asa, bunda Maria akan melindungi si imam dari segala bahaya. (YOS PATRIS MSC).